Solusi Atasi Kebocoran Tangki Motor

Bintangmotor.com – Merawat kendaraan juga sangat penting tidak hanya service berkala melainkan juga memperhatikan kualitas motor kita. Hal- hal yang sering terjadi kebocoran seperti ban atau peredam kejut, tangki bahan bakar di motor juga berpotensi mengalami kebocoran.

Oleh karena itu Bro and Sis harus lebih hati hati dalam menyikapi permasalahan pada kendaraan Roda Duanya. Dikutip bintangmotor.com dari DetikOto (06/02) Ada solusinya untuk menangani kebocoran pada tangki bahan bakar motor. Seperti apa?

Kepala Mekanik Astra Motor Jakarta, Eko Eddy Saputro mengatakan, ada tiga (3) cara untuk menangani apabila tangki mengalami kebocoran, yaitu :

  1. Di ganti tangkinya
  2. Di lem atau
  3. Di las”Tapi kalau dilas kita serahkan kepada konsumen. Kalau sudah dilas baru dibawa kemari,” Tuturnya. Untuk cara pengelasan, dikatakan Eko, bisa lebih tahan lama agar tangki tidak cepat bocor lagi, namun jika dilakukan secara menyeluruh tidak setengah-setengah.

    “Kalau pengelasannya bocor sebelah kiri, dilasnya di situ doang, nanti suatu saat kalau dia ga rutin nguras tengki, bensinya sering kosong, akan timbul diposisi lain (bocornya). Jadi mendingan kalau harus dirapihin (dilas) ya keseluruhan,” tuturnya. Sedangkan jika harus mengganti tangki bensin yang baru, konsumen harus menyiapkan dana yang lumayan besar, khususnya tangki untuk jenis motor sport. “Tergantung jenis motor. Kalau sekarang untuk CB di atas Rp 1 juta, belum termasuk pernis, dan warnanya masih polos, belum sama sticker,” ucap Eko.

    “Kalau rangenya Rp 1,5 – Rp 2 jutaan, kalau sudah mau ada stickernya, sudah dipernis,” tambahnya. Biaya sticker dikatakan Eko juga cukup mahal, karena harga dihitung per baris. “Hitungan-nya sederet, 1 deret aja kurang lebih Rp 100 ribu, hitungannya kanan sendiri, kiri sendiri,” ungkapnya. Sedangkan untuk jenis motor matik dan bebek, berkisar Rp 400 ribuan. “Jauh lebih murah karena hanya cuma beli tangki-nya saja,” kata Eko.

Dengan harga yang lumayan menguras kantong, Eko menyarankan agar para konsumen melakukan rutinitas umum, untuk mencegah terjadinya kebocoran pada tangki. “Kuras (bensin) aja, Rp 30.000 setiap 6 bulan. Atau kalau sudah merasa motornya brebet gitu lah,” pungkasnya.
(khi/ddn)

Melalui pemahaman teknik mengenai perbaikan apabila terjadi kebocoran pada tangki motor dengan benar, Bro-Sis telah memahami salah satu mengenai perawatan serta perbaikan dengan benar.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment