Trik Mengatasi Ketika Mesin Honda Vario Tiba tiba Mati

[vc_row][vc_column width=”1/6″][/vc_column][vc_column width=”2/3″][vc_message]Untuk informasi pembelian silahkan klik disini
[/vc_message][vc_column_text]

Bintangmotor.com – Buat pecinta bikers Honda khususnya untuk Motor Matic Vario. Bagaimana pada saat diperjalanan mesin honda vario tiba tiba mati mendadak? yang pasti jangan panik ya Bro and Sis. Nah, untuk mengatasi hal tersebut kami punya Trik nih. Dikutip dari DetikOto (01/02) ada beberapa cara nih Brosis yang harus dilakukan ketika Honda Vario Kamu tiba-tiba mati.

Tips and Trik Mesin Honda Vario tiba tiba mati yaitu sebagai berikut :

  1. Pastikan kondisi aki baik dengan cara saat kunci kontak ON lampu- lampu indikator speedometer menyala normal dan jarum bergerak normal.
  2. Jika ada problem di sistem injeksi pasti akan ada kedipan di lampu MIL yang ada di speedometer. Dan kedipannya bukan hanya sekali namun beberapa kedipan. Kedipan itu menandakan ada bagian di komponen injeksi yang problem, mungkin ada sambungan kabel yang putus, biasanya karena dimakan tikus.
  3. Kalau tidak ada kedipan yang aneh, namun motor masih belum bisa menyala, pastikan bahan bakar atau bensin terisi secukupnya.
  4. Jika di stater tidak menyala, coba diengkol sambil dirasakan apakah saat di engkol terasa ringan atau berat, hal ini berguna untuk merasakan tekanan kompresi di dalam mesin.
  5. Lakukan pengecekan busi sekaligus percikan api businya. Perhatikan kondisi businya kalo terlihat basah atau hitam, ini kemungkinan penyebab mesin mati.
  6. Cukup bersihkan lalu coba tes api busi dengan menempelkan busi pada blok mesin atas dan menyalakannya dengan stater kalau keluar api busi berarti kondisi busi baik.
  7. Sebelum memasang kembali, gunakan lap kering untuk menutup lubang busi lalu mesin diengkol 3–5 kali untuk membuang kotoran/karbon basah yang ada di dalam blok silinder,
  8. Selanjutnya pasang kembali businya dan coba kembali nyalakan mesinnya. Jrengg… pasti hidup lagi.

Jika kondisinya demikian, kemungkinan penyebab dari masalah ini adalah karena pembakaran yang tidak sempurna sehingga busi menjadi lebih basah.

Ini biasanya dikarenakan pemakaian bahan bakar yang kurang baik/terkontaminasi. Atau bisa juga karena filter udara yang sudah tidak bagus / kotor sehingga menyebabkan gas yang masuk ke ruang bakar tidak bagus.

Salam
Andriyanto – Bintang Motor

Melalui pemahaman teknik mengenai tips dalam menyikapi apabila terjadi mesin mati secara tiba-tiba, Bro-Sis telah memahami salah satu mengenai penanganan dengan baik.

[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/6″][/vc_column][/vc_row]

Comments

  • astawan
    Juli 17, 2020 at 8:42 am

    gini gun aku punya masalah dgn honda vario aku, yang mati tiba2, lampu 2indikator menyala dgn sempurna, bel nyala, kalau start nyala tapi mesin ngak hidup, bensin penuh, problemnya dimana gun?

    • BiMo
      Juli 20, 2020 at 10:25 am

      Perlu servis, krn penyebab mogok banyak, jdi saat servis bisa ketahuan krn di lakukan pemeriksaan lengkap

  • Hadi
    Juni 24, 2022 at 10:28 am

    Selamat siang mau tanya motor vario 150 old pas jalan tiba tiba mati trus kunci kontak di matiin lagi trus nyala lagi norma kira kira apa nya ya?

    • BiMo
      Juni 24, 2022 at 2:11 pm

      bisa di cek kelistrikannya kak

  • Roni
    Juli 18, 2022 at 6:39 am

    Pagi boss..mau tanya mesin Vario 150 tiba tiba mati lampu indikator Speedo jg tidak nyala gmn cara cek nya..trims..

    • BiMo
      Juli 18, 2022 at 7:56 am

      Salam satu hati, hallo kak. sepertinya kaka harus cek di bagian kelistrikannya

  • Aldi
    Agustus 6, 2022 at 1:04 pm

    Gan mau tanya,udah 2x ini motor saya tiba” mau mati tiap dijalan pas dipake ,ini ke dalanya apa ya gan ? Dan harus ganti apa ?
    (Motor Vario 125 )

  • Aldi
    Agustus 6, 2022 at 1:05 pm

    Gan mau tanya nih,udah 2x ini motor saya tiba” mau mati tiap dijalan pas dipake ,ini ke dalanya apa ya gan ? Dan harus ganti apa ?
    (Motor Vario 125 )

    • BiMo
      Agustus 8, 2022 at 9:02 am

      hallo kak sering terjadi ya kak dikarenakan ada goncangan saat perjalanan menjadikan motor mati

Add a comment

Sehubungan dengan cuti bersama & libur lebaran
Layanan online Honda Bintang Motor
Slow respon
Pesan anda akan kami balas segera mungkin
Terimakasih