Stang stir goyang/oblag bagaimana caya betulinnya?

Dari: Wawan Septyawan
Pertanyaan:
Saya memiliki motor Supra X 100 cc, pada saat motor di pakai jalan sering saya merasakan stang kemudi terasa oblak kekiri dan kekanan, seperti mau copot saja tuh stang… apakah kerusakan ini fatal? dan bagaimana cara saya memperbaikinya? haruskah saya ganti stang yang baru?

Jawaban:
Halo mas wawan, terimakasih atas email konsultasinya…
menjawab pertanyaan dari mas wawan, mengenai stang kemudi oblak/goyang berdasarkan pengalaman dan analisa kami apabila terjadi stang terasa goyang/oblak pada motor tipe supra lama (supra x 100cc) biasanya hal ini terjadi karena karet pelapis pada baut pengikat stang stir sudah mulai menipis atau mengkerut, akibatnya walaupun baut holder stang stir di keraskan tetap saja stang tidak bisa kencang karena pada lubang dudukan baut tersebut ada Bush yang berfungsi menahan baut agar lebih kuat mengikat dan tidak cepat rusak.
Nah sebagai solusinya mekanik kami biasa mengakalinya tanpa harus mengganti stang stir atau karet-nya, tetapi dengan cara memotong Bush sekitar 3mm, seperti pada gambar, Dengan memotong bush ini, maka baut akan terikat dengan kuat dan stang dipastikan tidak akan goyang dombret lagi… 🙂 .
Memang sih ini sebaiknya di lakukan di AHASS karena perlu membongkar keseluruhan bagian batok kepala, beberapa kali kami lakukan dan ini bisa menjadi solusi bagi setiap pelanggan yang merasakan stang stirnya oblak.
Bagi kamu yang penasaran? silahkan mencoba sendiri…

Selamat mencoba tips dari ahass.org, dan jangan lupa untuk selalu berbagi…

Comments

  • Fauzi Haris
    Januari 18, 2017 at 10:33 pm

    Pak klo harga set spedometer skopi fi esp sma body nya dan body dek yg stopkontak kira2 ?

  • Fauzi Haris
    Januari 18, 2017 at 10:37 pm

    Kira2 brp ya pak hrga satu set spedometer skupi fi esp

  • Mahdi
    Februari 13, 2017 at 11:29 am

    Mohon solusinya …sy punya motor verza stangnya miring sedikit …apa bisa diperbaiki..

  • herry
    Februari 22, 2017 at 12:39 pm

    Halo bang, saya punya beat karbu . awalnya saya kira sahernya obrak krna saat jalan slow itu ky rasa krek2 sesuai irama bang muter . ganti saher bnyi ilang tp saat nikung ban itu ky obleng kiri kanan gtu bang ?

chat
Add a comment