Bintangmotor.com – Hallo Brosis pasti pernah menemukan kasus seperti judul artikel ini ya? entah di motor sendiri ataupun di motor temen-temen Brosis. Kalo sampe ini terjadi di jalanan, bisa bahaya nih Brosis bisa jadi accident red flag nanti di jalan raya.

Kenapa tiba-tiba baut tap oli motor cepat aus ?

Cari tau gejala & penyebabnya:

Ada beberapa gejala & penyebab yang membuat baut tap oli tidak bisa di kencengin pas di pasang sehabis ganti oli mesin, ini dia sebabnya:

  1. Oli rembes dari blog mesin di deket baut tap oli
  2. Baut tap oli tidak bisa di kencengin
  3. Ulir baut rusak karena pada waktu menutup baut oli posisinya miring
  4. Ulir dalam pada crankcase rusak karena pada saat memasang baut ada kotoran serbuk besi yang menempel di ulir baut tap oli
  5. Ulir dalam pada crankcase juga bisa rusak karena pada saat memasang baut tidak menyertakan ring tembaga yang biasa ada atau ring tembaga sudah rusak
  6. Ulir pada crankcase rusak bisa juga terjadi karena moment pengencangan terlalu keras
Agar kasus ini tidak menjadi kronis alias sampe dol di jalan, sebaiknya setelah menemui gejala-gejala diatas segera bawa ke bengkel resmi Ahass Bintang Motor.

Bagaimana mencegahnya?

  1. Sudah menjadi keharusan pada saat masang baut tidak boleh miring
  2. Bersihkan baut menggunakan bensin dan di semprot serta berikan sedikit oli agar pada saat memasang baut lebih mudah
  3. Pastikan sebelum memasang baut tap oli harus di beri Ring tembaga yang fungsinya agar pada saat pengencangan lebih rapat dan mencegah kerusakan pada crankcase bisa moment pengencangan terlalu keras
  4. Usahakan jangan terlalu keras saat mengencangkan baut tap oli agar ring oli tidak cepat rusak

Apa solusinya jika baut tap oli sudah terlanjur rusak/dol/aus?

Nah ini dia Brosis, ada beberapa solusi bila baut tap oli rusak, diantaranya:

  1. Apabila ulir dalam pada crankcase hanya aus, maka bisa di bereskan dengan mengganti baut tap oli dengan ulir yang lebih besar 1 tingkat, untuk hal ini Anda harus membuat Ulir baru pada crankcase dengan ukuran yang sesuai dengan baut yang akan di ganti.
  2. Bilamana dalam kondisi darurat, anda berada di pinggir jalan yang jauh dari bengkel sedangkan ulir sudah dol, bisa diakalin dengan mengganjalnya menggunakan plat tipis pada samping2 ulir (ini tidak di sarankan utk jangka panjang, hanya untuk sementara selama Anda jauh dari bengkel kepercayaan Anda)
  3. Apabila kasusnya blok crankcase retak/pecah, maka solusinya ada 2 macam (pilih yang menurut Anda paling sukai dan dana mencukupi.
    • Ganti blok crankcase baru ( sudah pasti joss dan biaya relatif lebih mahal)
    • Atau di Cor pada ulir yang pecah/retak tadi (biaya relatif lebih murah tapi kualitas juga berani di adu)

Nah itu dia sedikit tips apabila Anda menghadapi kasus baut tap oli aus/selek/dol , semoga bermanfaat.