DetikCom – Tidak hanya di Jakarta yang jumlah motornya membludak, di kota-kota besar di dunia seperti New York dan kota London, populasi motor bakal makin menggila. Apa alasannya?

Tahun 2012 tahunnya Roda Dua? mungkinkah? 2

Berbagai laporan seputar transportasi menyebutkan biaya berkendara akan semakin meningkat. Hal inilah yang menjadi penyebab utama kena
ikan jumlah pengguna motor.

Perusahaan asuransi pun memperkirakan tahun depan adalah tahun yang paling sibuk karena berharap para komuter akan beralih menggunakan roda dua.

Seperti dilansir Clutch and Chrome, Selasa (27/12/2011) ada lagi alasan lain kenapa roda dua bakal dilirik tahun depan.

Motor menggunakan bensin yang lebih sedikit dibanding mobil. Dengan penurunan ekonomi yang sedang terjadi di Eropa, akan lebih menarik bagi pengendara untuk kembali ke pangkuan motor.

Alasan berikutnya adalah kemacetan yang makin menggila. Kota London adalah salah satu kota yang terkenal dengan kemacetannya. Pengendara motor bisa nyempal-nyempil di sisi kendaraan mobil. Bagi mereka yang berkendara di jam sibuk, menggunakan motor tentu lebih menjadi pilihan. Apalagi di London motor kini bisa menggunakan lajur bus.

Berikut 5 alasan kenapa pengendara memilih motor:

  • Bensin lebih murah
  • Pajak lebih murah
  • Lebih gampang parkir
  • Bisa mengurangi waktu perjalanan
  • Motor mengurangi emisi CO2 (apalagi yang injeksi, sangat ramah lingkungan)

“Motor bukan satu-satunya pilihan untuk pengendara, apalagi mereka yang berkeluarga. Tetapi menggunakan motor adalah sesuatu yang harus dipikirkan. Motor dengan signifikan mengurangi biaya dibanding mobil,” ujar Head of Swinton Bikes Anthony Aronin.