Telusur Aki Baru Cepat Tekor

Pertanyaan:
Salam kenal –  saya mau tanya, belum lama ini saya beli motor Honda CS 1, baru 6 bulan setelah pembelian motor, aki motor saya soak? habis diganti soak lagi, jedanya seminggu? apa itu bermasalah dalam kiproknya ya? Mohon pencerahannya.

Terima kasih
Effendy – Tangerang

Jawaban:Aki-kering-psg.4
Sebelum menjawab saya ingin bertanya pak, apakah motor CS1 di pakai setiap hari ? kalau tidak walaupun tidak dipakai silahkan motor tetap di panasi setiap harinya, minimal 5-10 menit. Kalau setiap hari di pakai dan aki masih tekor, coba cek hambatan spull pengisian, kabel body, bagian pengisian . kalau semua Ok, cek juga tegangan pengisian menggunakan avometer pada 5000 Rpm, tegangan pengisian biasanya sampai 14 volt lebih. Kalau tegangan pengisian tidak naik seiring motor di gas, kemungkinan ada masalah. Bagian yang bermasalah bisa dari spull pengisian, kabel- kabel system pengisian atau kiproknya, silahkan konsultasikan ke Ahass terdekat.

Perlu diketahui bahwa garansi kelistrikan motor Honda 1 tahun/10.000 KM (mana yg tercapai lebih dahulu), sehingga bila ada masalah di system kelistrikan dan hal tersebut terjadi bukan karena pemakaian bisa di cliam untuk perbaikannya.

Terima kasih
Salam
Ahass Bintang Motor

Comments

  • Iwan Pasaribu
    November 7, 2018 at 2:04 pm

    Mas, Supra X 100 tahun 2004, kondisi baterai sering ngedroop pada hal baterai baru, dan setelah sy ukur tegangan chargernya mentok di 5 Volt walau uda digeber pada rpm tinggi, sy coba ganti kiprok dan spull untuk memastikannya, namun hasilnya tetap sama tegangan chargernya mentok 5 Volt juga, hal ini membuat pengisian baterai tidak berjalan dgn baik, dan hasilnya baterai selalu droop, hal hasil sy harus melakukan charger baterai menggunakan alat charger dari luar, mohon bantuannya, kira” apa lagi yang harus sy cek dalam hal masalah ini, dan kondisi motor juga masih standart dalam arti tidak ada modifikasi, saklar rem tangan dan rem kaki semua tidak masalah alias berjalan dengan baik, demikian keluhan saya, terima kasih

    • Andriyanto
      November 7, 2018 at 3:41 pm

      salam satu hati
      hallo pak iwan
      sebelumnya Apakah ada penggantian aksesoris berlebih? Apakah penggantian part yang asli? part after market walaupun baru tidak menjamin kwalitasnya.
      jika memang sudah oke, coba di cek konektifitas kabel pengisian spul ke kiprok dan kiprok ke baterai.
      Agar lebih jelasnya, silahkan kunjungi Ahass Bintang Motor terdekat untuk konsultasi teknis GRATIS dari mekanik ahli Honda (Service Advisor)
      terima kasih

chat
Add a comment