Tips Berkendara Aman di Jalan Raya

Bintangmotor.com – Keselamatan berkendara di jalan raya seharusnya menjadi salah satu fokus utama kita sebagai pengendara. Siapapun pengguna jalan raya, baik pengguna mobil, motor maupun pengendara yang lain wajib menjaga keselamatan saat berkendara.

Jika diperhatikan, kecelakaan paling sering terjadi adalah kecelakaan transportasi darat yang melibatkan jenis kendaraan mobil, motor, dan kendaraan lainnya.

Bagi kamu pengendara sepeda motor yang menggunakan sepeda motor untuk kegiatan sehari-hari, berikut tips aman dalam berkendara :

  • Merawat Sepeda Motor

Sepeda motor memerlukan perawatan yang rutin agar performa motor tetap prima. Dengan merawat sepeda motor tentunya kinerja sepeda motor menjadi lebih maksimal.

  • Menggunakan Safety Gear

Menggunakan perlengkapan standar keselamatan salah satu hal wajib yang harus kamu pakai saat berkendara, seperti helm, jaket dan sepatu. Agar kamu tetap aman dalam berkendara.

Selain safety gear, jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan surat-surat kendaraan yang lengkap.

  • Safety Riding

Selain harus menggunakan perlengkapan agar aman, keselamatan berkendara juga harus dijaga. Salah satunya adalah dengan menjaga kecepatan berkendara dan mentaati rambu-rambu lalu lintas. Dengan menjaga kecepatan kita juga bisa menyelamatkan diri kita sendiri serta pengguna jalan yang lain.

  • Prioritaskan Pejalan Kaki

Di jalan-jalan pasti kita akan sering menemui para pejalan kaki. Sebisa mungkin kita harus memprioritaskan mereka, berikan mereka jalan ketika ingin menyebrang jalan.

  • Jalan Alternatif

Jalanan akan cenderung macet saat jam-jam sibuk, seperti jam berangkat dan pulang kerja. Salah satu untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan jalan alternatif. Jangan menggunakan fasilitas seperti trotoar, karena sangat berbahaya.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment