Ciri-ciri Sepeda Motor yang Sudah Mulai Tua

Bintangmotor.com – Usia pemakaian sepeda motor ditentukan oleh perawatan motor tersebut. Ketika perawatan sudah jarang dilakukan, akan ada berbagai tanda yang ditunjukkan motor tersebut.

Beberapa tanda yang sering ditemukan adalah gas buang motor yang tidak wajar atau knalpot mengeluarkan asap putih dan timbul bunyi aneh.

Asap putih yang muncul di knalpot motor disebabkan oleh beberapa faktor. Tapi jika volume asap tersebut sangat banyak yang berlangsung terus menerus, bisa dipastikan ada yang bermasalah di silinder motor.

Perawatan yang biasanya jarang dilakukan yaitu pergantian saringan udara motor secara teratur atau bahkan belum pernah mengganti sama sekali. Yang mengakibatkan kotoran masuk ke ruang bakar, dan menyebabkan keausan di silinder.

Pergantian oli yang tidak diperhatikan juga bisa berkontribusi dengan masalah tersebut. Bahkan bisa menyebar ke komponen yang lain.

Akibat tidak memperhatikan dengan baik jadwal pergantian oli, volume oli yang ada di mesin bisa saja berkurang. Akibatnya akan cepat timbul keausan di dalam mesin. Lalu timbul lah asap itu dan suara-suara berisik lain.

Ketika kondisi tersebut disertai bunyi brebet atau akselerasi lemot, tandanya saringan bahan bakar juga ikut bermasalah.

Jika dibiarkan, oli akan terbakar habis sehingga ausnya semakin banyak dan menyebar ke semua permukaan komponen. Pada kondisi terburuk bisa saja turun mesin.

Jika motor Anda mengalami masalah-masalah seperti di atas, segera untuk membawa ke bengkel resmi AHASS untuk melakukan pengecekan dan penanganan lebih lanjut.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment