Tips dan Trik Mudik Lebaran Pakai Motor

Apa kabar sahabat Brimo? Bulan puasa masih berlangsung semoga lancar sampai hari terakhir ya, admin hanya ingin mengingatkan jangan sampai lupa di akhir bulan ini kalian perlu memikirkan juga rencana mudik lebaran. Ya, meskipun masih agak lama, namun tidak ada salahnya untuk mulai baca-baca referensi berkaitan dengan tips mudik khususnya yang berencana menggunakan sepeda motor sebagai transportasinya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa motor masih banyak dipilih untuk mudik, karena lebih cepat dan gesit mudah untuk menyalip risiko terjebak macet masih bisa diatasi dengan mangambil rute-rute alternatif.

Pada kesempatan kali ini Kami ingin berbagai tips dan trik mudik lebaran pakai motor. Silahkan yang punya rencana mudik bisa simak informasi ini sampai habis, kita akan sama-sama mengecek hal-hal penting yang harus diperhatikan saat mudik.

Teknis Mempersiapkan Sepeda Motor Untuk Mudik

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan, kita akan fokus bagaimana Anda mempersiapkan sepeda motor untuk bisa melakukan perjalanan yang jauh. Mari kita mulai.

1. Cek Kondisi Bearing Roda

Kita sudah pernah membahas ini, brearing roda merupakan sparepart motor yang mempunyai peran yang sangat penting. Apabila bagian Bearing Roda bermasalah maka sepeda motor akan mulai terasa oleng dan goyang. Sangat berbahaya, apabila Anda berencana mudik dengan mengambil jalur yang menanjak dengan tikungan tajam.

Roda yang tidak stabil akan membuat Anda sulit mengendalikan motornya. Sekenario terburuk bisa terjadi kecelakaan. Oleh karena itu, secara teknis pastikan kondisi bearing roda Anda dalam kondisi yang baik, segera ganti dengan yang baru apabila bagian ini sudah lama/usang.

2. Pastikan Speedometer, Fuel Indikator, Masih Berfungsi

Terkesan sepele namun ini adalah hal teknis yang penting untuk dicek sebelum mudik lebaran. Seringkali banyak berita yang mengabarkan sepeda motor berkecepatan tinggi menabrak sebuah mobil atau minibus, kemungkinan penyebabnya adalah karena speedometer yang mati jadi tidak tahu kecepatan saat berkendara.

Pastikan sebelum berangkat ke kampung halaman, cek speedometer, fuel indikator, dan panel lainnya. Ini bisa sangat penting jangan sampai mengabaikan hal yang kecil.

3. Cek Lagi Lampu Depan (Headlight)

Harap diperhatikan lampu depan ini sangat penting untuk membantu Anda melihat jalan pada saat berkendara di malam hari. Pemudik yang kampung halamannya berada di sekitar pantura biasanya harus melewati hutan dan beberapa daerah yang minim penerangan.

Lampu depan pada sepeda motor menjadi penyelamat, Anda akan kesulitan untuk melihat apa yang ada di depan apabila lampu ini mati. Silahkan cek kembali pastikan juga cahaya lampunya terang, karena kalau redup juga bisa menjadi masalah.

4. Kondisi Roda Dalam Keadaan Baik

Sebenarnya ini cukup sederhana, namun beberapa orang banyak yang lupa karena terlalu sibuk mengurus apa yang harus dibawa saat mudik. Memperhatikan tekanan angin yang pas menjadi hal yang penting, terlalu kempes bisa berbahaya sepeda motor akan terasa berat.

Kemudian, perhatikan juga barangkali ada bagian yang bocor, kalau masih sedikit mungkin bisa ditambal. Namun, kalau kebocoran sudah terlalu banyak sebaiknya segera ganti dengan roda yang baru.

5. Rem MotorWajib Dalam Keadaan Pakem

Harus dan wajib, rem sepeda motor harus dicek juga. Sebagai pemudik mungkin Anda akan melalui medan jalan yang terjal, khusunya untuk jalan yang menurun. Rem harus berfungsi dengan baik, kalau sampai blong ini sangat berbahaya. Bukan hanya Anda saja yang terkena dampaknya, melainkan pembonceng juga terkena imbasnya.

Rem sepeda motor pada dasarnya memang harus dicek secara rutin, sekurang-kurangnya beberapa bulan sekali. Khusunya untuk Anda yang suka melakukan perjalanan jauh.

Tips dan Trik Untuk Pengedara yang Mau Mudik

Oke, info di atas itu berkaitan dengan teknis sepeda motornya, sekarang kita beralih ke pengendara yang akan mudik. Kami sebutkan beberapa hal penting yang sebenarnya Anda mungkin sudah tahu, namun seringkali diabaikan karena dianggap tidak penting.

Berikut ini beberapa tips untuk pengendara yang hendak mudik, silahakan simak dan terapkan.

  • Jangan lupa berdoa supaya selamat sampai tujuan
  • Selalu gunakan helm dan pastikan berstandar SNI (tidak hanya pengendara, melainkan pembonceng juga harus pakai helm)
  • Selalu bawa surat-surat motor (SIM, STNK, dan lain sebagainya)
  • Jangan lupa pasang spion motor dan pastikan berfungsi dengan baik
  • Gunakan jaket yang tebal, angin di jalan sangat kuat terutama pada malam hari
  • Pastikan untuk beristirahat jika lelah di rest area atau tempat yang nyaman
  • Jangan membawa terlalu banyak barang
  • Perhatikan kapasitas pembonceng
  • Jangan terlalu ngebut, perhatikan kecepatan sepeda motor Anda

Demikianlah tips dan trik mudik lebaran yang perlu kalian ketahui, semoga bisa bermanfaat. Semoga para para pemudik yang berencana pergi ke kampung halaman menggunakan speda motor diberikan kelancaran dan selamat sampai tujuan. Utamakan keselamatan dan cek kondisi motor secara berkala sebelum mudik lebaran ya.

Kalau ada waktu boleh mampir di Bintang Mobile Service Kami siap memeriksa kondisi sepeda motor Anda secara menyeluruh untuk mempersiapkan sebelum mudik. Kunjungi bengkel bintangmotor di lokasi-lokasi terdekat di sekitar Anda!

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment

    Sehubungan dengan cuti bersama & libur lebaran
    Layanan online Honda Bintang Motor
    Slow respon
    Pesan anda akan kami balas segera mungkin
    Terimakasih