Tips Memilih Busi Agar Performa Motor Semakin Keren

[vc_row][vc_column width=”1/6″][/vc_column][vc_column width=”2/3″][vc_message]Untuk informasi pembelian silahkan klik disini
[/vc_message][vc_column_text]Bintangmotor.com – Busi merupakan komponen yang wajib dimiliki oleh mobil maupun motor. Hal itu karena busi berfungsi sebagai pemercik api di ruang bakar. Untuk itu, agar performa mesin motor kamu semakin bagus dan keren, berikut adalah tips memilih busi motor :

1. Ukuran busi
Pastikan ukuran busi terutama diameter ulir, panjang ulir dan jangkauan insulator sesuai dengan spesifikasi mesin. Jika busi yang dipilih tidak sesuai, kemungkinan besar busi akan longgar, overheat, dan terkena endapan karbon sehingga pengapian menjadi tidak sempurna bahkan bisa merusak piston.

2. Angka panas busi
Pastikan angka panas busi yang tepat dan sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan anda. Jika angka panas busi yang dipakai terlalu besar atau busi terlalu dingin, maka akan mengakibatkan pengendapan karbon pada busi anda (carbon fouling). Tak hanya itu, apabila angka panas busi yang dipakai terlalu kecil atau busi terlalu panas, maka busi akan mengalami overheat dan mengakibatkan misfire (gagal pengapian).

3. Keaslian busi
Pastikan busi yang anda beli adalah asli. Cara membedakan busi asli atau palsu adalah :

  • Pada busi asli terdapat kode nomor produksi sedangkan busi palsu tidak
  • Pada busli asli memiliki gasket (karet) yang sulit dilepas, sedangkan busi palsu memiliki gasket yang longgar
  • Pada busi asli memiliki metal shell lebih mengkilap karena diproses plating Cr3, sedangkan busi palsu warna metal shell agak buram dan mudah berkarat.
  • Pada busi asli ulir terminal nut lebih halus dan rapi disbanding busi palsu
  • Pada busi asli konstruksi ujung elektroda, gap dan penyambungan sangat rapi, sedangankan yang palsu tidak rapi

Begitulah tips memilih busi untuk motor kesayangan Anda[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/6″][/vc_column][/vc_row]

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment