Tips Mengendarai Motor di Musim Hujan

[vc_row][vc_column width=”1/6″][/vc_column][vc_column width=”2/3″][vc_message]Untuk informasi pembelian silahkan klik disini
[/vc_message][vc_column_text]Bintangmotor.com – Berkendara yang paling simple adalah sepeda motor, bisa menyalip sana-sini saat keadaan jalan macet. Namun berkendara menggunakan sepeda motor juga punya banyak resiko lho, salah satunya adalah ketika mengendarai motor di musim hujan.

Sudah basah kuyup, belum lagi kalo jalanan banjir akan sangat menghambat perjalanan anda.

Untuk anda yang menggunakan motor, mungkin masih ada beberapa diantara kalian yang belum tahu cara mengendarai motor kopling di saat hujan deras.

Berikut adalah tips mengendarai motor kopling saat hujan deras :

  1. Rutin mengontrol tekanan ban

Mengontrol tekanan angin pada ban minimal 1 minggu sekali. Hal tersebut sangat berguna saat hujan datang.

  1. Mengatur kecepatan

Mengurangi kecepatan adalah keputusan yang sangat tepat yang harus kamu lakukan saat berkendara di saat hujan turun. Berkendara lebih lambat akan membuat ban lebih mencengkeram jalan. Hal tersebut tentu saja akan memastikan perjalanan anda aman.

  1. Tanjakan dan turunan

Disaat hujan, melalui tanjakan dan turunan bisa sangat berbahaya. Cara mengendarai motor kopling di tanjakan adalah dengan menjaga kecepatan tetap stabil di gear yang rendah. Jangan sesekali menggunakan kecepatan dan gear yang tinggi pada saat di tanjakan.

Pada saat di turunan, lakukan engine brake pada motor. Hal ini akan membuat laju motor melambat tanpa harus menggunakan rem. Motor akan aman terkendali dan tidak akan slip.

  1. Jaga jarak aman

Jarak aman antar kendaraan wajib selalu dijaga. Pastikan lampu motor anda menyala dengan baik, lampu yang menyala terang akan membantu menjaga jarak dengan kendaraan lain.

  1. Menghindari genangan air

Mengendarai sepeda motor saat hujan pasti akan sering melewati genangan air, hindarilah genangan air sebisa anda. Karena anda tidak tahu sedalam apa lubang tersebut, dan bisa saja membuat anda terjatuh.

Jika melewati jalanan yang banjir dan tidak lebih tinggi dari mesin, pastikan anda menggunakan setengah kopling dengan gas yang stabil atau tidak naik turun gas saat melewatinya.[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/6″][/vc_column][/vc_row]

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment