Tips Merawat Kunci Kontak Agar Tetap Awet

Untuk informasi pembelian silahkan klik disini
Bintangmotor.com – Semua komponen pada sepeda motor memerlukan perawatan, termasuk kunci kontak. Kunci kontak sendiri memiliki fungsi untuk menyalakan dan mematikan motor, mengunci setang hingga membukan tangki serta jok motor.

Fungsi kunci kontak ini cukup banyak dan penting, oleh karena itu sangat dianjurkan untuk memperlakukan perangkat tersebut dengan baik.

Perawatan yang dibutuhkan tidak sulit, anda hanya perlu menyemprotkan lubang kunci kontak dengan cairan pelumas atau penetran. Agar mekanisme di dalamnya tetap lancar.

Namun perlu diketahui, jangan menggunakan oli bekas. Karena kotoran yang ada pada pelumas itu bisa masuk ke lubang anak kunci dan justru menimbulkann endapan kotoran di dalamnya.

Jika terjadi masalah seperti kunci susah masuk ke lubang kunci atau sulit diputar untuk menghidupkan mesin, sebaiknya jangan dipaksa. Cabut dulu kuncinya, lalu semprotkan cairan pelumas atau penetran ke dalam lubang kunci kontak tersebut.

Sebagian besar motor zaman sekarang sudah dilengkapi dengan magnet pelindung untuk lubang kunci. Selain bermanfaat untuk menghindari pencurian, penutup ini juga berfungsi untuk menghindari atau menncegah air dan debu agar tidak masuk ke dalam lubang kunci.

Air yang masuk ke dalam lubang kunci membuat mekanisme di dalamnya tidak lancer, karena membuat pelumas di dalamnya kering. Selain itu, bisa juga membuat komponen di dalamnya menjadi berkarat.

Yang terakhir dan tak kalah penting, jangan membebani kunci dengan gantungan yang terlalu berat. Karena hal tersebut akan memberikan dampak pada lubang kunci menjadi longgar.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment