Semakin banyak pecinta motor yang menyukai skuter matic, banyak pilihan skuter yang menawarkan beragam fitur untuk kenyamanan penggemarnya. Salah satunya adalah Radiator yang berfungsi untuk mendinginkan mesin. Pada kondisi cuaca ekstrim seperti sekarang, yang kadang panas atau pun hujan, fungsi radiator tetap harus bekerja maksimal. Akibat dari mal fungsi radiator sebagai pendingin akan berdampak pada kinerja mesin salah satu nya over heat.

berikut ini ada beberapa satu tips ringan dalam merawat Radiator agar lebih awet :

  1. Jaga kebersihan Radiator, baik kisi-kisinya atau pun selangnya. Kotoran pada radiator bisa menyebabkan sirkulasi terganggu. Kalau pun kotor, cara membersihkannya bisa dengan menyemprot kisi-kisi radiator dengan air bertekanan sedang. Jangan gunakan air bertekanan tinggi karena bisa merusak kisi2 radiator yang terbuat dari aluminium.
  2. Membersihkan kotoran yang agak susah, bisa gunakan pinset atau alat yang ujung nya pipih. Kotoran bisa menghalangi pendinginan dari kipas radiator, agar udara dapat di serap radiator secara maksimal maka kebersihan kisi- kisi penting di perhatikan.
  3. Perlu juga cek tutup radiator, karena saat kondisi mesin panas, tutup ini membuka saluran ke udara luar akibat tekanan tinggi dari radiator. Karet pada tutup radiator perlu di cek agar tidak terselip, karena akan menggangu kinerjanya. Penting diperhatikan jangan membuka tutup radiator saat kondisi mesin panas, karena air panas dengan tekanan tinggi akan menyemprot ke luar.
  4. Kalau radiator udah bersih, sekarang isi nya atau lebih di kenal coolant (cairan pendingin). Buat Honda lovers, selalu gunakan Pre-Mix Coolant, karena selain sudah di formulakan untuk menjaga kestabilan suhu mesin, cairan ini juga anti karat, anti kerak dan Anti busa. Jadi radiator tetap awet. Mengingatkan bro& sist, jangan pakai air biasa atau capuran ya, karena bisa merusak radiator.

Nah, kalau radiator udah OK, jangan lupa cek juga reservoir nya, ada tanda Upper dan Lower, jaga agar air di posisi Upper, jngan terlalu penuh.

Mudah-mudahan dengan tips ringan yang Ahass berikan ini bisa bermanfaat untuk para Honda lovers semua… (Eng)