Aki merupakan salah satu komponen penting dalam motor. Biarpun tanpa aki motor bisa hidup (khusus untuk motor dengan arus AC), tapi kebanyakan orang sekarang nggak mau diribetin sama yang namanya ngengkol, buat cewek mungkin takut kaki nya jadi berotot  🙂  🙂 Nah, kalau nggak mau diribetin ama kondisi  itu, alangkah baiknya kalau aki yang masih bagus dirawat biar tahan lama. Nggak mahal and nggak ribet, karena perawatan aki tak harus meluangkan waktu yang lama. Beberapa tips yang mungkin bisa di coba, agar aki tetep awet:

  1. Buat motor yang masih pake aki basah, cek secara berkala kapasitas air aki. Pastikan selalu diantara garis upper dan lower. Ingat..!!! jangan sampai air di bawah garis lower, dan jangan terlalu penuh, karena dapat mengganggu pernapasan aki serta kalau sampai tumpah dan mengenai  rangka yang terbuat dari besi bisa berkarat.
  2. Jangan terlalu memodifikasi listrik yang arus nya diambil dari aki. Secara dasar, aki berfungsi mensuplay arus untuk start awal kendaraan, sementara kalau untuk kelistrikan langsung dari spull. Aki akan lebih awet kalau digunakan sesuai fungsinya dan tak berlebihan.
  3. Memang aki mampunyai fungsi untuk start awal, tapi alangkah bainya jika setiap pagi ketika kita akan menstart kendaraan, gunakan engkol saja. Hal ini juga bisa menambah jangka waktu penggunaan aki.
  4. Penggunaan motor untuk jarak dekat juga berpengaruh terhadap keawetan aki, karena pengisian aki jadi kurang maksimal.
  5. Cek juga kebersihan terminal- terminak aki. Biasanya di terminal aki terdapat kerak putih, kerak tersebut bisa dibersihkan dengan disikat, atau kalau susah dibersihkan, bisa disiram air hangat dan disikat lagi.

Demikian beberapa tips yang bisa dicoba, agar waktu penggunaan aki bisa lebih lama. Selain tips tersebut, secara rutin setiap service usahakan aki juga dicargher. Nggak ada salahnya kita merawat yang masih baik, daripada harus mengganti…