Cuci Motor Pakai Sabun Colek Ternyata Ada Plus Minusnya, Apa Saja Tuh?

Mencuci motor adalah kegiatan yang menyenangkan sekaligus kadang menyebalkan. Ya, tidak semua orang mempunyai waktu luang yang lama untuk membersihkan motor secara manual.

Namun, rupanya di Indonesia sendiri masih banyak lho yang mencuci motor sendiri, meskipun sudah banyak abang cuci steam yang buka jasa profesional, rupanya mencuci motor sendiri bisa mengisi waktu luang yang cukup bagus. Ya, bisa dihitung ini adalah wujud syukur kalian bisa punya motor baik itu yang idaman atau motor jadul.

Oke, ngaku kalian pasti pernah mencuci motor menggunakan sabun colek bukan?

Ya, kami tidak menyalahkan Anda, memang sabun colek sendiri harganya murah sangat ekonomis, mudah di beli warung dekat rumah pasti jualan sabun yang satu ini.

Namun, yang jadi permasalahan banyak yang mengatakan bahwa mencuci motor menggunakan sabun colek ini bisa memberikan efek alias pengaruh terhadap kondisi motor.

Apa saja efek yang dimaksud? Mari kita cek bareng-bareng admin juga penasaran. Soalnya dulu pernah cuci motor pake sabun colek juga.

Kekurangan Mencuci Motor Menggunakan Sabun Colek

Oke, sebelum kita bahas plusnya, mari kita cek dulu beberapa bagian yang menjadi minus alias efek buruk sabun colek pada saat cuci motor.

1. Menghilangkan Oli Pada Beberapa Bagian Sparepart

Sepeda motor bisa berfungsi sebagaimana mestinya karena ada pelumas yang biasa di sebut dengan oli. Cairan yang identik dengan warna hitam ini mempunyai fungsi yang penting pada sparepart motor tertetu.

Masalahnya, cuci motor menggunakan sabun colek ini bisa menghilangkan oli yang seharusnya tetap ada disana. Sebagai catatan, setidaknya ada beberapa bagian yang penting dari memang harus selalu dilumasi oleh oli.

Adapun bagian yang dimaksud antara lain seperti rantai dan Bearing Roda. Ya, jika bagian tersebut tidak ada olinya, maka akibatnya motor Anda akan terasa tidak nyaman. Sehingga perlu di beri oli lagi secara manual.

2. Mengurangi Ketahanan Karet-Karet Sil

Lanjut, masih berkaitan dengan bagian sparepart motor yang akan terekena efek dari zat-zat yang ada pada sabun colek saat cuci motor.

Kali ini, bagian karet sil yang ada pada kaki-kaki motor menjadi kurang awet alias gampang rusak. Pendapat ini disampaikan oleh Joddy Ario, owner JDM Project, bengkel modifikasi dan salon motor, pada situs GridOto.com

3. Berakibat Fatal Pada Tampilan Body Motor

Ini yang paling parah, menggunakan sabun colek pada permukaan bodi motor bisa mengikis bahan plastik. Perlahan namun pasti, tampilan motor kalian akan lebih terlihat kusam.

Warna yang tadinya sangat tajam, menjadi mulai memudar. Ya, kami tidak bilang ini akan berdampak pada mesin Anda. Namun, punya motor kusam dan warnanya pudar bukanlah sesuatu yang baik.

Jadi, tidak ada salahnya untuk mengindari cuci motor menggunakan sabun colek pada bagian body motor kalian.

Keunggulan Mencuci Motor Menggunakan Sabun Colek

Tidak selamanya buruk, rupanya mencuci motor pake sabun colek ada plusnya juga.Terutama untuk bagian bawah motor, seperti pelek, swing arm, bagian bawah sepatbor, justru disarankan untuk menggunakan sabun colek untuk membersihkannya.

Hal ini dikarenakan, sabun colek ini memang cocok untuk membersihkan lumpur, debu, dan lainnya. Ditambah lagi untuk area kolong-kolong sepatbor, rantai dan khususnya ban malah bagus kalau di cuci pake sabun colek .

Kesimpulan

Ya, sepertinya sekarang kita sudah tahu bahwa mencuci motor menggunakan sabun colek itu tetap ada efek negatif dan positifnya.

Jadi, mulai sekarang pastikan di rumah kalian ada dua jenis sabun untuk mencuci motor, yakni sampo khusus pembersih motor, dan juga sabun colek.

Ingat, pastikan penggunaannya sudah sesuai dengan ketentuan yang kami berikan. Dengan demikian, motor kalian tidak hanya sekadar bersih, tapi juga benar-benar terhindar dari masalah.

Semoga informasi di atas bisa membantu, jangan lupa untuk membagikan artikel ini supaya lebih banyak orang yang bisa tahu bahwa kegunaan sabun colek itu bagus untuk cuci motor asalkan penggunaannya tepat.

Sampai jumpa di artikel kami berikutnya, salam satu hati dari Honda Bintangmotor, dealer motor honda terdekat yang memberikanmu banyak promo menarik setiap bulannya!

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment

    Sehubungan dengan cuti bersama & libur lebaran
    Layanan online Honda Bintang Motor
    Slow respon
    Pesan anda akan kami balas segera mungkin
    Terimakasih