Deteksi Kanvas Rem Tromol Habis

Tak sedikit pengendara sepeda motor yang sudah tahu spesifikasi maupun perawatan motor, tapi ada  juga yang masih awam tentang perawatan. Komponen yang paling sering di pakai, seperti kanvas rem, perlu pengecekan secara rutin, terutama bagi yang mobilitas tinggi dan sering tarik gas, pasti juga rem dituntut bekerja maksimal.

Walaupun sekarang sudah mulai banyak sepeda motor menggunakan doble disk, kanvas rem tromol masih tetap ada di berbagai macam tipe motor, karena letak nya di roda belakang ( kebanyakan motor sekarang) kadang pengendara motor jarang mengecek ketebalan kanvas. Entah karena tidak sempat atau bahkan tidak tau bagaimana cara ngecek nya. Tanda/ indicator ketebalan kanvas bisa dilihat di panel belakang berupa tanda segita kecil atau coakan(tidak semua motor sama).

Bagi pemula, biasa nya kalau pedal rem sudah dalam, menganggap kanvas rem sudah habis, padahal hanya tinggal di stel dan rem bisa berfungsi normal, tanpa harus menekan pedal rem terlalu dalam. Jangan menunggu indocator yang di panel rem dangan indicator rem bertemu, karena kalau sampai lupa untuk menganti kanvas rem, bisa- bisa besi pada kanvas rem bergesekan dengan tromol. Kalau sudah begini, lebih mahal biaya nya, karena tromol juga perlu diganti.

So, buat para pengendara sepeda motor, jangan sampai lupa mengecek keadaan kanvas rem  nya.

Sedikit info ini semoga bermanfaat ya bro n sist..,(n)

Comments

chat
Add a comment