Konsultasi: Baru 2 bulan aki CB150SF tekor

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum, saya Zulham, ingin menanyakan kenapa motor saya CB150SF aki tekor dan aki tidak bisa mengisi, padahal usia motor saya baru 2 bulan. Motor saya juga pernah mogok di jalan. Mohon solusi dan pencerahan dari masalah tersebut. Trima kasih

Zulham
Cirebon

Jawaban:

Salam Satu Hati pak Zulham, menanggapi pertanyaan bapak, apakah motor sudah melakukan servis pertama? ( KPB1 maks 1.000 KM / 2 bulan dari tanggal pembelian. Jika belum, sebaiknya segera lakukan servis KPB 1 dan sekaligus pengecekan keluhan pada motor bapak tersebut.

Kendala aki tekor perlu dilakukan pengecekan kondisi pengisian motor CB150SF bapak normal atau abnormal. Untuk motor CB150SF secara normal tetap bisa hidup meski tanpa aki atau aki tekor. Hal ini karena motor tersebut sudah di lengkapi Capasitor Bank (alat untuk menyimpan arus listrik). Arus yang tersimpan dicapasitor bank cukup untuk mengoperasikan perangkat injeksi termasuk pompa bahan bakar.

Perlu di ketahui untuk garansi kelistrikan motor Honda 10.000 KM / 1 tahun, jika kerusakan bukan dari pemakaian namun karena kesalahan produksi, maka bisa dilakukan claim ( pastikan syarat- syarat claim terpenuhi).

Comments

  • Redho
    Juni 8, 2015 at 9:31 pm

    Selamat malam AHASS…..!
    MAU TANYA mas,, kenapa motor saya pas langsam kayak ada bunyi dengung2 …., terus kalo udah panas mesin nya,, kalo udah dipake jalan ada bunyi tek tek,, tik tik,, terus kalo di geber gas nya,, bunyi nya berdengung…. lari cuma sampe 80… di atas 80 suara udah kasar…..
    tks.

    • Ahass Bintang
      Juni 13, 2015 at 1:57 pm

      motornya tipe apa ya bro?

      • Redho
        Juni 13, 2015 at 4:18 pm

        Supra x125 bos.

        • Ahass Bintang
          Juni 18, 2015 at 2:12 pm

          coba bro cek celah gigi primer & gigi sekunder, mungkin keduanya terlalu rapat. kalo iya terlalu rapat, bro bisa setel di bagian gigi sub gear di kopling primer. atau bisa juga diganti gigi primer & sekundernya.

          • Redho
            Juni 18, 2015 at 2:29 pm

            Kalo ganti part itu habis berapa ya mas?kemaren saya udah ganti keteng,, tapi tarikannya masih kurang…..

          • Ahass Bintang
            Juni 18, 2015 at 4:00 pm

            klo untuk penggantian part gigi primer & sekundernya estimasi biaya Rp. 1.500.000-an bro .

  • TK
    Juli 5, 2015 at 6:36 pm

    Slamat malam Ahass.
    Motor saya supra-x/100 cc th 2004. Sampai saat ini tidak ada masalah. Cuma terasa sedikit lebih boros bensin & top speednya turun dibandingkan waktu masih baru dulu.
    Pertanyaan saya kalau mau tune-up total atau turun mesin biayanya habis berapa ya? Supaya performanya bisa kembali seperti baru.
    Trima kasih.

chat
Add a comment