Pentingnya Peran Tutup Pentil Saat Musim Hujan

[vc_row][vc_column width=”1/6″][/vc_column][vc_column width=”2/3″][vc_message]Untuk informasi pembelian silahkan klik disini
[/vc_message][vc_column_text]Bintangmotor.com – Selama ini, sebagian orang beranggapan bahwa tutup pentil pada ban adalah sebagai penutup agar tekanan angin pada ban tidak keluar melalui pentil.

Namun, tak hanya itu saja, sebenarnya ada fungsi vital dari penutup pentil pelapis karet pada velg tersebut. Yaitu mencegah kotoran masuk ke dalam ban dan mencegah ban mudah mengalami korosi.

Tutup pentil atau valve cup memang terlihat kecil dan sepele, namun bagian pentil ban harus dilindungi dengan baik agar tidak kemasukan air, kotoran dan debu.

Di musim penghujan seperti ini, anda sering menggunakan sepeda motor untuk menerjang bagian jalanan yang tergenang air atau banjir.

Dalam hal tersebut bagian sepeda motor pertama yang terkena air dan kotoran adalah bagian ban. Bagian dari ban yang harus dilindungi adalah pentil.

Jika bagian pentil tetap dibiarkan terbuka, maka air hujan atau kotoran dalam genangan akan dengan mudah masuk pada bagian dalam pentil.

Air hujan itu mengandung zat asam, sehingga dapat menimbulkan korosi pada bagian pentil. Terlebih pada bagian karet sil-nya. Jika dibiarkan terus menerus akan mengakibatkan kerusakan.

Bukan tidak mungkin terjadi kebocoran udara dari celah yang rusak tadi membuat terus menurun akibat kebocoran halus yang tidak terdeteksi.

Tekanan ban yang ideal tentunya sangat penting ketika kendaraan melaju pada kecepatan tinggi. Berkurangnya tekanan udara membuat ban kurang stabil dan limbung yang tentunya membahayakan.[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/6″][/vc_column][/vc_row]

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment