Bintangmotor.com – Rantai motor merupakan komponen yang penting pada motor yang bertugas meneruskan putaran tenaga dari transmisi ke roda belakang.

Biasanya motor jenis bebek dan sport akan mengeluarkan suara berisik saat melaju, jika rantai motornya kaku. Rantai motor yang kaku bisa terjadi karena kesalahan dan kurangnya perawatan.

 

Penyebab rantai motor kaku

Apa Penyebab rantai motor kaku itu beragam, mulai dari kekencangan rantai yang tidak sesuai atau karena kondisi yang sudah aus.

Rantai motor kaku juga bisa disebabkan karena endapan karat pada mata atau sambungannya. Hasilnya pergerakan rantai jadi terganggu.

Ciri utama rantai kaku adalah posisinya yang tidak berjajar dan tidak beraturan serta sulit diluruskan dengan tangan. Timbulnya karat bisa berasal dari faktor cuaca serta perawatan rutin yang dilakukan pemilik motor.

Perawatan yang salah serta masih banyak dilakukan masyarakat adalah melumasi rantai dengan oli bekas. Melumasi oli bekas pada rantai malah membuat kotoran menjadi mudah menempel dan mengendap di sambungan rantai.

Saat musim hujan, kemungkinan rantai menjadi kaku akan lebih besar apabila tidak segera dibersihkan. Endapan air hujan yang bersifat asam dan cipratan lumpur dijalan saat hujan turun memperparah kondisi rantai.

Jika terus dibiarkan, rantai yang berkarat tersebut tidak menutup kemungkinan akan putus saat anda sedang berkendara. Akibat strukturnya yang tidak lagi kuat saat menyalurkan tenaga motor.