Bintangmotor.com – Seiring bertambahnya usia motor, tentu akan membuat beberapa komponen motor menjadi bermasalah. Salah satunya adalah, susahnya pindah gigi pada motor bertransmisi manual.

Kondisi seperti ini tentu mengganggu saat sedang berkendara, saat sedang berkendara dan dalam keadaan macet lalu ingin pindah gigi namun susah akan terasa menyebalkan.

Lalu kira-kira apa ya penyebabnya?

Penyebab dari susahnya oper gigi saat mengendarai motor bisa berasal dari komponen persneling atau kopling. Bila setelan kopling sudah mentok, tapi masih susah pindah gigi tandanya komponen gigi persneling yang bermasalah.

Yang menyebabkan susah pindah gigi yaitu biasanya part holder pawl. Karena Part holder pawl dilengkapi dengan 3 buah bola-bola pelor untuk menekan kampas kopling ketika tuas persneling diinjak, maka pelornya ini biasanya sering aus.

Kondisi pelor yang sudah aus membuat daya dorong kampas kopling kurang maksimal. Sehingga posisi kampas belum terlalu bebas, oleh karena itu bikin susah pindah gigi.

Selain itu, per yang ada di poros pemutar tuas kopling atau as persneling juga bisa menjadi penyebabnya. Per-nya retak atau sudah mulai lemah, sehingga pergerakan baliknya lambat, makanya susah pindah gigi.