Cari Aman Berkendara Menghindari Kecelakaan!

Kecelakaan adalah musibah yang ingin dihindari oleh setiap orang. Hal ini bisa terjadi karena banyak faktor mulai dari kesalahan yang tidak disengaja, hingga sesuatu yang memang konyol dan tidak memperhatikan keselamatan. Untuk mencari aman saat berkendara, khususnya sepeda motor ada beberapa hal yang harus dilakukan. Apa saja itu? Silahkan simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah.

Lakukan Hal Ini Untuk Menghindari Kecelakaan Saat Naik Motor

Ada beberapa hal umum yang sebenarnya sudah banyak yang tahu. Polisi Satlantas sudah gembar-gembor ini dan itu namun beberapa dari pengendara masih ada yang lupa atau memang sengaja tidak mematuhi aturan lalu lintas. Jika kalian ingin menghindari kecelakaan maka pastikan melakukan hal ini saat berkendara.

1. Selalu Pakai Helm Berstandar SNI

Menggunakan helm adalah salah satu prinsip paling dasar dalam menjaga keselamatan dalam berkendara. Bukan sembarang helm, melainkan pastikan sudah teruji SNI. Mungkin beberapa dari kalian sudah tahu biasanya fungsi utama helm adalah mengurangi cedera saat kecelakaan, namun faktanya menggunakan helm yang tepat juga bisa membuat Anda lebih nyaman saat berkendara, mata tidak silau, terhindar dari debu-debu yang bisa mengganggu pandangan, dan lain sebagainya.

2. Mengenakan Jaket dan Sarung Tangan

Tindakan ini wajib dilakukan jika Anda bepergian jauh menggunakan kendaraan roda dua seperti kegiatan mudik lebaran pakai motor. Touring ke berbagai daerah, atau berlibur ke suatu tempat yang jauh. Anda juga disarankan menggunakan jaket dan sarung tangan jika lokasi kantor berada cukup jauh dari rumah. Sesuaikan saja dengan keadaan.

3. Jangan Asal Menyalip Kendaraan

Pahami ilmunya, menyalip kendaraan itu tidak bisa asal serobot. Sebelum menyalip pastikan Anda sudah membaca situasi. Beberapa pakar safety riding mengatakan untuk tidak menyalip jika tidak berada di situasi yang mendesak. Apabila memang harus banget menyalip maka terapkan prinsip berikut

  • Pada situasi apapun jangan menyalip jika kondisi jalan menanjak atau menurun
  • Perhatikan kondisi jalan, jangan menyalip jika terdapat jalan yang berlubang atau rusak
  • Selalu gunakan lajur kanan untuk mendahului /menyalip
  • Nyalakan lampu sein kanan sebelum menyalip ini fungsinya untuk memberikan aba-aba kepada pengendara di belakang Anda
  • Pastikan tidak ada kendaraan yang datang dari arah berlawanan atau yang sedang terparkir di pinggir jalan

4.  Selalu Cek Kondisi Rem Sebelum Berkendara

Jauh atau dekat jarak yang Anda tempuh selalu cek kondisi rem depan dan belakang sebelum berkendara. Ini adalah hal sepele yang bisa menyelamatkan nyawa Anda dari kecelakaan maut. Coba saja baca berita di TV banyak pengendara yang bernasib nahas hanya karena rem blong tidak dicek sebelum bepergian. Jangan pernag anggap sepele, segera service motor Anda apabila dirasa rem sudah tidak pakem.

5. Jangan Main HP Saat Berkendara!

Peringatan keras mengendarai motor sambil main HP itu benar-benar berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain. Alasannya sudah jelas, dengan melakukan kegiatan multi tasking seperti ini pikiran kita fokusnya akan terbagi, tanpa sadar Anda mungkin tidak tahu bahwa di depan ada truk tronton yang sedang berhenti mendadak, kalau sudah begitu mau bilang apa?

Apapun alasannya baik itu soal kerja, eksis media sosial, atau bahkan urusan cinta lebih baik cari aman saja kalau sedang berkendara usahakan fokus, taruh HP disaku apabila memungkinkan matikan sebelum berkendara. Jika memang dirasa sangat penting maka sebaiknya menepi terlebih dahulu sebelum menggunakan ponsel tersebut.

Secara umum hal-hal di atas pastinya sudah kalian ketahui, namun terkadang kurangnya kesadaran atau memang lupa memang berakibat cukup fatal. Mari selalu utamakan keselmatan dengan cari aman berkendara sesuai dengan peraturan lalu lintas yang ada.

Adapun berkaitan dengan hal teknis sepeda motor pastikan untuk mengecek juga tekanan ban, lampu sein, bearing roda, dan bagian lainnya. Lakukan service berkala dan terjadwal untuk memastikan kondisi motor dalam keadaan optimal dan prima.  Kemudian berkaitan dengan pengendara, ingatlah untuk selalu tingkatkan kesadaran. Kecerobohan kita tidak hanya berbahaya bagi diri sendiri melainkan berdampak juga kepada orang lain, patuhi rambu-rambu, dan tetap fokus saat berkendara agar selamat sampai tujuan.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment

    Sehubungan dengan cuti bersama & libur lebaran
    Layanan online Honda Bintang Motor
    Slow respon
    Pesan anda akan kami balas segera mungkin
    Terimakasih